Sabtu, 23 Juni 2012

Katekese


Pertanyaan :
         Apa fungsi patung dalam Gereja Katolik?
Jawab :
      Fungsi patung itu sama dengan foto orang yang kita kasihi, baik orang itu masih hidup maupun orang itu sudah meninggal. Kita kadang memajang foto itu di dinding, di meja atau bahkan ada yang menyimpannya dalam dompet, dan lain-lain dengan tujuan agar kita mudah mengingat pribadi orang itu atau merasa dekat dengannya. Fungsi patung sama dengan fungsi bendera. Maka menghina bendera sama dengan menghina bangsa itu. Coba bendera Merah Putih diinjak-injak maka kita dan warga Negara Indonesia yang lainnya akan marah.
   Maka patung-patung dalam Gereja Katolik itu fungsinya sama untuk mempermudah ingatan kita terhadap siapa yang dipatungkan. Memang kita bisa menyingkirkan patung-patung itu dari Gereja Katolik, namun kalau dengan adanya patung-patung itu kita dipermudah dalam penghayatan kita, mengapa harus membuangnya? Yang penting substansi adanya patung itu tidak bertentangan dengan iman kita.
      Karena orang Katolik menghormati pribadi dalam patung itu maka orang Katolik tidak akan memperlakukan patung itu dengan tidak hormat. Hormat bukan berarti menyembah. Kalau ada orang di luar Katolik mempunyai pemikiran berbeda dengan umat Katolik, dipersilakan saja, asal jangan mengecam kalau tidak memahaminya.
By : Bpk. LY. Tukijan
Sie Katekese DPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar